Artikel

Manfaat Program Family Development Session (FDS) bagi KPM PKH

01 September 2019 16:31:17  Admin  1.590 Kali Dibaca  Berita Lokal

Dingil-Jatirogo   30/08/2019  Family Development Session (FDS)

Family Development Session (FDS) merupakan bagian dari bisnis proses Progam Keluarga Harapan (PKH) yang berupa pertemuan kelompok, yang digunakan sebagai wadah pemberian materi-materi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial lewat modul-modul yang bertema sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan PKH. Tujuan utama PKH yakni untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin.

Sedangkan secara khusus tujuan PKH terdiri atas:

  1. Meningkatkan kondisi sosial ekonomi KPM,
  2. Meningkatkan taraf pendidikan anak-anak KPM,
  3. Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahun dari KPM, empat, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi KPM.

Ada yang mengatakan Pendamping sosial merupakan ujung tombak keberhasilan FDS, itu memang benar. Dengan kreatifitas dan cara penyampaian pendamping sosial kepada KPM tentang materi FDS menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial yang kemudian ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga,bahwa tidak hanya bantuan materi saja yang diberikan, namun pengetahuan berupa materi-materi sebagai upaya perubahan pola pikir Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga diberikan.  Materi-materi yang diberikan diantaranya: pengasuhan dan pendidikan anak, pengelolaan keuangan dan memulai usaha, kesehatan dan gizi, perlindungan anak, bidang pelayanan penyandang disabilitas berat, dan bidang peningkatan kesejahteraan lanjut usia

Dalam melaksanakan FDS di Desa Dingil, yang dilakukan oleh Bpk Tasyhudi, S.E. pendamping sosial Desa Dingil serta ditemani oleh Drs. Sukisno, M Roni Andiani Wijaya, Ririn Reknowati, S.E., Setiyaningsih, Amd.Keb.  yang merupakan tim Pendamping sosial kecamatan Jatirogo bersama-sama memberikan materi yang penting bagi KPM Penerima PKH yaitu dengan tema “Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik”. Ini bisa dilakukan dengan melalui cara-cara sebagai berikut :

  1. Mengingat ingat hal apa saja yang membahagiakan ketika menjadi orangtua
  2. Sebagai orangtua harus sama antara perkataan dan perbuatan
  3. Selalu berpikir positif
  4. Melibatkan suami dalam pengasuhan
  5. Bersikap/berbuat penuh kasih sayang
  6. Membuat keputusan bersama
  7. Menghindari perdebatan didepan anak – anak

 

 

Memiliki keluarga sejahtera merupakan  impian seluruh orang. Memiliki anak-anak hebat tentu saja menjadi kebanggaan orangtuaUntuk mewujudkan hal tersebut tentu saja orang tua juga harus berusaha untuk mendidik, mengasuh dan menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. Tidak perlu berpendidikan tinggi untuk menjadi orangtua yang berhasil. Siapapun bisa menjadi orangtua yang berhasil dalam mendidik, mengasuh dan menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya.

Sumber : dari Bapak Tasyhudi, S.E. (Pendamping Sosial Desa Dingil)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa No. 01 Desa Dingil Kec. Jatirogo Kab. Tuban
Desa : Dingil
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62319
Telepon : 085251857299
Email : desadingil1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:227
    Kemarin:843
    Total Pengunjung:374.597
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.5.144
    Browser:Tidak ditemukan