08 September 2019 18:53:20
Ditulis oleh Admin

JALAN SEHAT PHBN 2019

Desa Dingil, Minggu 8 September 2019        Jalan sehat bukan sekedar nama atau kegiatan yang bersifat  hanya menghabiskan anggaran saja tetapi inti dari Jalan sehat adalah Jalan santai yang biasanya dilakukan pada pagi hari yang berfungsi menyehatkan tubuh dan membuat badan menjadi segar. Banyak manfaat ketika kita melakukan jalan sehat. Apa saja itu ? Yaitu selain memperkuat jantung,   ternyata juga menjaga berat badan, mencegah osteoporosis, memperkuat kaki, meningkatkan kadar vitamin D, dan masih banyak manfaat lainnya. Sehingga bagi yang ingin badannya kurus atau diet alami biasanya melakukan olahraga dengan lari /jalan.

Apa Pentingnya Kesehatan Bagi Tubuh??

Prof. Dr. Sayyid Muhammad Alawy mengatakan dalam kitabnya “Silatur riyadhoh bid diin” (Hubungan Olahraga dengan Agama Islam) : “Sebenarnya Olahraga itu merupakan washilah (perantara) bukan tujuan utama, tetapi merupakan perantara untuk tujuan yang mulia dan wajib kita memahami itu dan mengajarkan kepada anak-anak kita dan generasi muda”

Ketika Islam datang, maka Islam mengajarkan tentang keberanian, kekuatan dan keterampilan untuk berperang dan meluhurkan kalimah-kalimah Allah.  Nabi Muhammad SAW bersabda :

المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف

“Orang mu’min yang kuat itu lebih baik, dan lebih dicintai oleh Allah dari pada orang mu’min yang lemah” HR. Muslim

Karena orang mu’min yang lemah itu keimanannya untuk dirinya sendiri, sedangkan Mu’min yang kuat itu keimanannya untuk dirinya, kekuatannya untuk agamanya dan masyarakatnya. Sehingga pada zaman dahulu orang Arab sering mengadakan perlombaan seperti memanah, pacuan kuda, gulat, berenang, dan sebagainya yang berfungsi untuk melatih kegesitan.

Sehingga tidak salah dan tidak termasuk Bid’ah Dholalah jika Warga Desa Dingil ikut merayakan kemerdekaan Indonesia sebagai bentuk bentuk syukur kepada Allah dengan mengadakan berbagai lomba seperti : Sepak Bola, Volli, menangkap bebek, balap karung pakai helm, Makan Krupuk dan biskuit, Jalan Sehat berhadiah, dagongan , dll.

Lomba Sepak Bola melawan Perangkat Desa 


                         Tim Sepak Bola Desa Dingil 

  Tim Sepak Bola dari Pemerintah Desa Dingil

                                                       

Lomba Balap karung pakai Helm                                                 

 Lomba makan biskuit 

Kegiatan PHBN tahun ini merupakan acara yang lain dari pada tahun-tahun sebelumnya. Berkat kegigihan Panitia PHBN yang mayoritas didominasi oleh Karang Taruna Desa Dingil telah berhasil menjalankan kegiatan tersebut dengan baik. Ini terbukti dengan antusias warga Desa Dingil yang berbondong-bondong ikut berpartisipasi dalam mengikuti berbagai lomba, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan yang berumur 80 tahun lebih pun ikut andil didalamnya yang tentunya bukan karena hadiah semata tetapi memang murni ingin memeriahkan kegiatan ini dan memberikan contoh bagi generasi-generasi muda mendatang tentang pentingnya punya jiwa nasionalisme dan semangat perjuangan dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia.

Dan Hari Ini adalah hari yang spesial dimana pertama kalinya Desa Dingil mengadakan Jalan Sehat satu Desa, yang dihadiri oleh ribuan warga yang memiliki kupon Jalan Sehat dari semua dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Bulak, dan Dusun Sentul, yang sebelumnya diadakan pemotongan pita oleh Kepala Desa Dingil sebagai tanda mulainya Jalan Sehat.

Jalan Sehat Berhadiah Kambing

 

Untuk menambahi kemeriahan acara tersebut Panitia PHBN menyediakan hadiah utama Kambing, Sepedah Gunung, Kipas  Angin, blender, serta alat elektronik lainnya dan juga didukung dengan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Suasana Pengundian Kupon Berhadiah

Bersambung ke Artikel berikutnya....>>>>

Sumber informasi : Ketua Karang Taruna, Perangkat Desa, Panitia PHBN.

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus